Referensi Berkendara Anda

Sunday, January 17, 2016

Perawatan Berkala Pada Sistem AC

3:57 PM

Perawatan berkala pada komponen kendaraan sangat penting untuk memperpanjang umur dari komponen tersebut. Kali ini RoPat akan membahas tentang perawatan berkala pada sistem AC. Persoalan sosial yang timbul dari sistem AC adalah AC bau dan tidak dingin. Jika masalah tersebut timbul dari kerusakan komponen sedangkan harga komponen AC termasuk golongan komponen yang mahal dan biaya perbaikannyapun juga termasuk mahal pula (sekitar lima ratus ribu rupiah). Oleh sebab itu maka lakukan perawatan secara berkala agar memperkecil peluang dari rusaknya komponen.

Ruang kabin bagian depan

Perawatan pada sistem AC dapat dikelompokan menjadi 2 berdasarkan proses perawatannya.

Pertama, perawatan yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus ke bengkel.
+ Selalu kondisikan sirkulasi udara pada panel sirkulasi udara dalam.
   Sirkulasi udara dalam membuat udara yang terdapat pada ruang kabin tidak tercampur dengan udara kotor dari luar ruangan kabin sehingga memperkecil kemungkinan polusi udara masuk dalam kabin dan membuat filter AC ataupun evaporator cepat kotor dan tersumbat.
+ Selalu bersihkan ruang kabin dari kotoran dan sampah. Kebiasaan beberapa pemilik kendaraan melupakan kebersihan kendaraan mereka dan menunda membuang sampah ke tempat pembuangan akhir sehingga timbul bau dari sampah dan mengendap pada evaporator AC.
+ Hindari merokok di dalam ruang kabin. Asap rokok beserta abu rokok yang menempel dan ikut tersirkulasi dengan udara AC dapat membuat hembusan udara dari AC akan timbul bau tidak sedap. Bau tersebut akan muncul dalam waktu dekat, melainkan beberapa bulan bahkan tahun berdasarkan banyak sedikitnya kotoran rokok yang dihasilkan.
+ Bersihkan filter AC (jika dilengkapi) secara berkala untuk mengurangi resiko bau tidak sedap yang keluar dari hembusan AC.


Kedua, perawatan yang harus dilakukan di bengkel karena harus dilakukan pengecekan secara keseluruhan dari sistem AC kendaraan agar AC kembali dingin seperti semula. Perawatan dilakukan mulai dari melakukan pengecekan tekanan dari freon. 
Caranya jika hasil pengecekan ditemukan tekanan turun maka lakukan pengecekan kebocoran secara visual dari komponen yang berada di luar seperti kompresor, kondensor, receiver and dryer, serta selang AC. Apabila kondisi tidak ditemukan indikasi kebocoran maka tinggal melakukan pengecekan evaporator beserta katup ekspansi. Untuk pengecekan kedua komponen tersebut maka perlu dilakukan pembongkaran rumah evaporator dan harus dilakukan oleh orang bengkel yang lebih berpengalaman.
sistem kerja AC mobil


Selain pengecekan diatas, terdapat pula pengecekan elektrikal dan sensor-sensor AC seperti pressure switch dan termo switch. Untuk pengecekan yang kedua ini sebaiknya Anda harus percayakan sepenuhnya pada pihak bengkel yang lebih mengerti.

Written by

Kami selalu berusaha untuk mengingatkan para pengemudi agar selalu mematuhi rambu lalu-lintas sehingga semua oranng dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara

0 comments:

Post a Comment

RoPat

 

© 2015 RoPat. Referensi berkendara Anda. Designed and optimated by endlo

Back To Top